DAFTAR ISI
Kata
Pengantar …………………………………………………………………………………………………………………i
Daftar Isi
…………………………………………………………………………………………………………………………..ii
Daftar Gambar
………………………………………………………………………………………………………………….iii
1.
MULTIMEDIA
1.1.
DEFINISI MULTIMEDIA …………………………………………………………………………….1
1.2.
DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA………………………………………………………….1
1.3.
PENGGUNAAN MULTMEDIA .………………………………………………………………… 2
1.3.1.
Perception
Medium ………………………………………………………………………. 3
1.3.2.
Representasi
Medium ……………………………………………………………………..3
1.3.3.
Presentation
Medium ………………………………………………………………………4
1.3.4.
Storage
Medium ………………………………………………………………………………4
1.3.5.
Transmission
Medium ……………………………………………………………………..4
1.3.6.
Information
Exchange Medium ……………………………………………………….4
1.4.
SISTEM
MULTIMEDIA …………………………………………………………………………….. 4
1.4.1.
Sistem
Multimedia Stand Alone …………………………………………………….. 4
1.4.2.
Sistem
Multimedia Berbasis Jaringan …………………………………………….. 5
1.5.
DATA
STREAM …….…………………………………………………………………………………..5
1.6.
KARIER
MULTIMEDIA ……….……………………………………………………………………. 5
KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………………………………………………………….8
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………………………………………………….9
1.
MULTIMEDIA
1.1.
PENGERTIAN
MULTIMEDIA
Multimedia berasal dari kata Multi dan Medium. Multi
(latin nouns) artinya banyak atau bermacam-macam. Sedangkan Medium (Latin)
adalah sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Medium
menurut American Heritage Elektronic Dictionary, pada tahun 1991 adalah alat
untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa
madia yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam text,
audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
·
Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
·
Kombinasi
dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
·
Kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
·
Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
·
Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
o pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org:
Multimedia is the use of several different media to convey information
(text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers
to computer data
storage devices, especially those used to store multimediantent.
1.2.
DEFINISI
KOMPUTER MULTIMEDIA
Komputer Multimedia adalah
sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki
sebuah CD-ROM. Standarisasi computer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia
PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang
dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and
Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari
Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas
hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer Multimedia
menurut Software and Information Industry Association:
Ø Pada tahun 1990 :
o 16 MHz 386SX CPU
o 2MB RAM
o 30MB hard disk
o 256-color, 640 x 480 VGA video card
o 1x CD-ROM drive using no more than 40% of
CPU to read, with < 1 second seek time
o Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound;
and inputting 11 kHz, 8-bit sound
o Windows 3.0 with Multimedia Extensions.
Ø Pada tahun 1993 :
o 25 MHz 486SX CPU
o 4 MB RAM
o 160 MB hard disk
o 16-bit color, 640×480 VGA video card
o 2X CD-ROM drive using no more than 40% of
CPU to read at 1x, with < 400ms seek time
o Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
o Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or
Windows 3.1
Ø Pada tahun 1996:
o 75 MHz Pentium CPU
o 8 MB RAM
o 540 MB hard disk
o Video system that can show 352×240 at 30
frames per second, 15-bit color
o MPEG-1 hardware or software video playback
o 4x CD-ROM drive using no more than 40% of
CPU to read, with < 250ms seek time
o Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
o Windows 3.11
1.3. PENGGUNAAN MULTIMEDIA
Multimedia dapat digunakan dalam
:
Ø Bidang periklanan yang efektif dan
interaktif
Ø Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan
pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena
dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
Ø Bidang jaringan dan internet yang membantu
dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
·
Orang
mampu mengingat 20% dari yang dilihat
·
Orang
mampu mengingat 30% dari yang didengar
·
Orang
mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
·
Orang
mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
Multimedia mampu:
ü Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja
dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang mendukung
teleworking/telecommuting: Netmeeting!
ü Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan
dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
ü Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler,
banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara
online-banking.
ü Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan
berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online,
detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan
masih banyak lagi.
ü Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan Komputer
multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
ü Internet Multimedia juga mulai
bersaing dengan televisi dan radio.
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1.3.1. Perception Medium
Ø Perception media membantu manusia untuk
merasakan lingkungannya
Ø
“Bagaimana manusia menerima
informasi pada lingkungan komputer?” Persepsi
informasi melalui penglihatan atau pendengaran
Ø Perbedaan persepsi informasi melalui
“melihat” dan “mendengar”
Ø Aspek pada perception medium :
o Aspek Representative Space: sesuatu yang
terkandung daklam presentasi secara nyata
§ Kertas, layar
§ Slide show, power point
o Aspek Representative Values: nilai-nilai
yang terkandung dalam presentasi
§ Self contained (interpretasi tiap orang
berbeda), misal: suhu, rasa, bau
§ Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya),
misal: teks, ucapan, gerak tubuh
o Aspek Representation Dimension
§ Ruang (space)
§ Waktu (time) :
·
time
independent, discreet
(text, grafis)
·
time
dependent , continuous
media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
1.3.2. Representation Medium
Ø Representation media ditentukan oleh
representasi informasi oleh computer
Ø
“Bagaimana informasi pada
komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
·
Text : ASCII dan EBCDIC
·
Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
·
Audio
stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit
·
Image :
Facsimile (standard ISO) atau JPEG
·
Audio/video
: TV standard (PAL, SECAM, NTSC),computer standard (MPEG)
1.3.3. Presentation Medium
Ø Tool dan device yang digunakan untuk proses
input dan output informasi
Ø “Melalui edia apa informasi disajikan oleh
komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
à Output : kertas, layar, speaker
à Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
1.3.4. Storage Medium
Ø Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk
menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
Ø
“Dimanakah informasi akan
disimpan?” microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
1.3.5. Transmission Medium
Ø Pembawa informasi yang memungkinkan
terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
Ø
“Melalui apa informasi akan
ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui
udara terbuka (wireless)
1.3.6. Information Exchange Medium
Ø Pembawa informasi untuk transmisi, contoh :
media penyimpanan dan media transmisi
Ø
“Bagaimana informasi dari
tempat yang berbeda saling dipertukarkan?”
direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan
transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
1.4. SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any
system which supports more than a single kind of media [AHD 1991].
Bagaimana sistem bisa disebut
sebagai sistem multimedia?
Ø
Kombinasi
Media
Sistem disebut sistem multimedia
jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit :
teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
Ø
Independence
Aspek utama dari jenis media
yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem
multimedia jika tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut
rendah.
Ø Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan
pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system
programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1.4.1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan
sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan
output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
1.4.2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung
melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah
adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh:
video converence dan video broadcast
Permasalahan: bila bandwidth
kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur
yang belum siap.
1.5. DATA STREAM
Dalam sistem multimedia
terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran
informasi
Transmisi informasi dapat dikategorikan :
Ø Berdasar mode transmisi
·
Aynschronous
Trasmission Mode
o Komunikasi tanpa batas waktu. Packets
mencapai penerima secepat mungkin
o Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu
adanya sinkronisasi
o Informasi untuk discrete media dapat
ditransmisikan sebagai aynchronous data stream,Contoh : transmisi e-mail
·
Synchronous
Transmission Mode
o Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk
setiap packet dari suatu data stream
o Butuh sinkronisasi
o Penerima butuh buffer untuk menyimpan data
sementara sambil menunggu paket lengkap
·
Isochronous
Transmission Mode
o Terdapat batas waktu tunda maksimal dan
minimal
o Melakukan garansi paket diterima dengan baik
o Client memberikan informasi kepada server
tentang statusnya
o Membutuhkan buffer yang sangat besar
Ø
Berdasar
periode streaming
·
Strongly
Periodic Stream
o Interval waktu antara dua packet yang
berurutan tetap
o Contoh : PCM coded
(Gambar 1.5.1. Strongly
Periodic Stream)
·
Weakly
Periodic Stream
o Interval waktu antara dua packet yang
berurutan dapat dideskripsikan dengan fungsi periodic
(Gambar 1.5.2.weakly periodic
stream)
·
Aperiodic
Stream
o Interval waktu tidak beraturan
(Gambar 1.5.3.
Ø
Berdasar
ukuran packet
·
Strongly
Regular Stream
o
Ukuran
packet konstan
o
Contoh
: uncompressed audio/video stream
(Gambar 1.5.4. strongly regular stream)
·
Weakly
Regular Stream
o Ukuran packet data berubah secara periodic
o Contoh : MPEG
(Gambar 1.5.6.weakly regular stream)
·
Irregular
Data Stream
o
Ukuran
packet data tidak tentu
(Gambar 1.5.7.irregural data stream)
1.6.
KARIER
MULTIMEDIA
Pemasaran, animasi,
desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations,
special efek, produksi video, dan web master.
(Gambar 1.6.1. Karier
multimedia)
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Kebutuhan globalisasi dewasa ini mengharuskan
setiap pribadi dapat menguasai multimedia secara apik, setidaknya untuk
dasar-dasar keperluan dibidang masing-masing.
Yang
coba untuk disajikan pada makalah ini adalah :
-
Pengertian Multimedia.
-
Definisi computer Multimedia.
-
Penggunaan Multimedia.
-
Sistem Multimedia
-
Data Stream.
-
Karier Multimedia.
SARAN
Penyusun sadar
bahwa masih banyak kesalahan baik itu dalam hal penulisan atau info yang kurang
lengkap, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran guna memperluas
wawasan dan untuk kesempurnaan penulisan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA