Facebook
RSS
Luffy - One Piece


Kumpulan Kata Motifasi Dan Kata Bijak


  • Jangan Menilai orang dari Harta(kekayaan), penampilan ataupun kondisi  fisik. Semua orang itu SAMA!!!


  • Senyuman adalah sedekah yang indah, karena dengan sedekah senyuman, manusia takkan pernah merasa berhutang apa-apa dan tak kan membuat orang lain merasa terhina


  • Masa depan seseorang sangat tergantung pada sikap dan buku buku yang dibaca. Jadi membaca sangat penting dan menentukan masa depan seseorang


  • Kekayaan yang hilang bisa dikejar kembali dengan ketekunan dan kerja keras. Kesehatan yang hilang bisa direbut kembali dengan obat-obatan, namun waktu yang hilang tak kan pernah bisa kembali lagi. 


  • Ilmu dan kebijaksanaan itu adalah sahabat yang setia dalam hidup sampai ketika nafas terlepas dari jiwa dan Raga.


  • Jika sudah terjadi masalah, tdk harus dihindari (bingung), tapi Harus dihadapi dengan tenang (dipikirkan jalan keluarnya) dan pasti selesai/ ada jalan keluarnya.


  • Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi jangan berkecil hati dengan kekurangan kita. dan jangan iri dengan kelebihan orang. Hargailah Dirimu Apa Adanya,.


  • Jika kamu terbangun dari tidur pada suatu pagi, itu berarti kamu masih diberi kesempatan untuk bersyukur dan berbuat amal baik hingga waktu kamu tidur kembali. 


  •  Hati yang terluka adalah bagaikan sebuah besi yang bengkok, walau telah diketuk, sulit kembali menjadi bentuk asalnya

  • Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum anda miliki, maka Anda akan harus melakukan sesuatu yang belum pernah anda lakukan

  •  Hidup itu maju kedepan! Bukan mundur ke belakang! Lupakan yg telah berlalu! Jadikan ia sebuah pelajaran untuk lebih baik dimasa depan

  • Tuhan sebenarnya telah menyediakan penyelesaian atas kesulitan yang kita hadapi, namun Tuhan tidak segera menurunkan penyelesaiannya karena ingin mengetahui seberapa besarnya cinta kita pada Nya.

  • Segala kesulitan/kesusahan akan berakhir. sebesar apapun masalahnya akan selesai juga dengan berjalannya waktu. Seperti pepatah mengatakan : TIDAK ADA PESTA YANG TIDAK BERAKHIR.


  • Kita menilai diri sendiri berdasarkan apa yang kita perbuat,Dan orang lain menilai kita berdasarkan apa yang telah kita perbuat.

  • Mata bisa melihat dengan jelas, namun hanya hati yang bisa melihat dengan jujur. 

  • Jika kita tidak mampu menjadi pelita yang menerangi malam, maka jadilah kunang-kunang yang menghiasi malam

  •  Hidup adalah komedi bagi siapa yang hidupnya dengan akal. Dan merupakan tragedi bagi siapa yang hidup dengan emosi

  • Lupakan Kenangan Burukmu, Ketahuilah bahwa kenangan Buruk Akan Selamanya Kamu Ingat Jika Kamu SenDiri Tidak Mampu Untuk Mengakhirinya.

  •  Kemarahan adalah keadaan dimana lidah bekerja lebih cepat daripada pikiran, dan tindakan lebih cepat dari nurani.


  • Pikirkan apapun yang akan kamu ucapkan. Karena setiap ucapan yang keluar dari mulutmu, tak akan bisa kamu tarik kembali




Saya Berharap Kata-Kata Motifasi Ini Dapat Bermanfaat Buat Agan2 Yang Lagi Membutuhkannya, Ya Mungkin Dapat Menenangkan Hati Dan Fikiran Agan2 Mungkin Yang Lagi Galaw y Khusus nya,,,,
N' Jngan Lupa Berserah Dirilah Kepada Yang Maha Esa/Maha Kuasa
Insyallah Bakalan Di Kabulin Kok, Tapi Yang Sungguh2 yaa,.,
Hehehehehehhee.,




[ Read More ]

Pengantar MultimediA


DAFTAR ISI

Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………………………………i
Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………………………………..ii
Daftar Gambar ………………………………………………………………………………………………………………….iii
1.    MULTIMEDIA
1.1.             DEFINISI MULTIMEDIA …………………………………………………………………………….1
1.2.             DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA………………………………………………………….1
1.3.             PENGGUNAAN MULTMEDIA .…………………………………………………………………                2
1.3.1.        Perception Medium ……………………………………………………………………….  3
1.3.2.        Representasi Medium ……………………………………………………………………..3
1.3.3.        Presentation Medium ………………………………………………………………………4
1.3.4.        Storage Medium ………………………………………………………………………………4
1.3.5.        Transmission Medium ……………………………………………………………………..4
1.3.6.        Information Exchange Medium ……………………………………………………….4
1.4.             SISTEM MULTIMEDIA ……………………………………………………………………………..                4
1.4.1.        Sistem Multimedia Stand Alone …………………………………………………….. 4
1.4.2.        Sistem Multimedia Berbasis Jaringan …………………………………………….. 5
1.5.             DATA STREAM …….…………………………………………………………………………………..5
1.6.             KARIER MULTIMEDIA ……….……………………………………………………………………. 5
KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………………………………………………………….8
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………………………………………………….9             



















1.       MULTIMEDIA

1.1.    PENGERTIAN MULTIMEDIA

Multimedia berasal dari kata Multi dan Medium. Multi (latin nouns) artinya banyak atau bermacam-macam. Sedangkan Medium (Latin) adalah sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Medium menurut American Heritage Elektronic Dictionary, pada tahun 1991 adalah alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa madia yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
·         Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)
·         Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
·         Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
·         Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
·         Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
o   pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org:
Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data
storage devices, especially those used to store multimediantent.

1.2.    DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA

Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi computer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association:
Ø  Pada tahun 1990 :
o   16 MHz 386SX CPU
o   2MB RAM
o   30MB hard disk
o   256-color, 640 x 480 VGA video card
o   1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
o   Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound
o   Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

Ø  Pada tahun 1993 :
o   25 MHz 486SX CPU
o   4 MB RAM
o   160 MB hard disk
o   16-bit color, 640×480 VGA video card
o   2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time
o   Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
o   Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1

Ø  Pada tahun 1996:
o   75 MHz Pentium CPU
o   8 MB RAM
o   540 MB hard disk
o   Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15-bit color
o    MPEG-1 hardware or software video playback
o   4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 250ms seek time
o   Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
o   Windows 3.11

1.3.    PENGGUNAAN MULTIMEDIA

Multimedia dapat digunakan dalam :
Ø  Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
Ø  Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
Ø  Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
·         Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
·         Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
·         Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
·         Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.

Multimedia mampu:
ü  Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
ü  Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
ü  Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
ü  Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
ü  Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan Komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
ü  Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :

1.3.1.  Perception Medium
Ø  Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
Ø  “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?”     Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran
Ø  Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
Ø  Aspek pada perception medium :
o   Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung daklam presentasi secara nyata
§  Kertas, layar
§  Slide show, power point
o   Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
§  Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
§  Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
o   Aspek Representation Dimension
§  Ruang (space)
§  Waktu (time) :
·         time independent, discreet (text, grafis)
·         time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
1.3.2.  Representation Medium
Ø  Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh computer
Ø  “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?”       Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
·         Text            :  ASCII dan EBCDIC
·         Grafis         :  CEPT atau CAPTAIN videotext
·         Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit
·         Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
·         Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC),computer standard (MPEG)


1.3.3.  Presentation Medium
Ø  Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
Ø  “Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
à Output : kertas, layar, speaker
à Input : keyboard, mouse, kamera, microphone

1.3.4.  Storage Medium
Ø  Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
Ø  “Dimanakah informasi akan disimpan?”       microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
1.3.5.  Transmission Medium
Ø  Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
Ø  “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?”       melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
1.3.6.  Information Exchange Medium
Ø  Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
Ø  “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?”      direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

1.4.    SISTEM MULTIMEDIA

A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991].
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
Ø  Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
Ø  Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah.
Ø  Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:

1.4.1.  Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.

1.4.2.  Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

1.5.    DATA STREAM

Dalam sistem multimedia terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran informasi
                                                                                                                       
Transmisi informasi dapat dikategorikan :

Ø  Berdasar mode transmisi
·         Aynschronous Trasmission Mode
o   Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin
o   Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu adanya sinkronisasi
o   Informasi untuk discrete media dapat ditransmisikan sebagai aynchronous data stream,Contoh : transmisi e-mail
·         Synchronous Transmission Mode
o   Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk setiap packet dari suatu data stream
o   Butuh sinkronisasi
o   Penerima butuh buffer untuk menyimpan data sementara sambil menunggu paket lengkap
·         Isochronous Transmission Mode
o   Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal
o   Melakukan garansi paket diterima dengan baik
o   Client memberikan informasi kepada server tentang statusnya
o   Membutuhkan buffer yang sangat besar

Ø  Berdasar periode streaming
·         Strongly Periodic Stream
o   Interval waktu antara dua packet yang berurutan tetap
o   Contoh : PCM coded
 



(Gambar 1.5.1. Strongly Periodic Stream)

·         Weakly Periodic Stream
o   Interval waktu antara dua packet yang berurutan dapat dideskripsikan dengan fungsi periodic


                                        

(Gambar 1.5.2.weakly periodic stream)
·         Aperiodic Stream
o   Interval waktu tidak beraturan
                          

(Gambar 1.5.3.

Ø  Berdasar ukuran packet
·         Strongly Regular Stream
o   Ukuran packet konstan
o   Contoh : uncompressed audio/video stream





(Gambar 1.5.4. strongly regular stream)

·         Weakly Regular Stream
o   Ukuran packet data berubah secara periodic
o   Contoh : MPEG




                                                    


(Gambar 1.5.6.weakly regular stream)
·         Irregular Data Stream
o   Ukuran packet data tidak tentu




(Gambar 1.5.7.irregural data stream)

1.6.    KARIER MULTIMEDIA

Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, special efek, produksi video, dan web master.






                                                    
(Gambar 1.6.1. Karier multimedia)
KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Kebutuhan globalisasi dewasa ini mengharuskan setiap pribadi dapat menguasai multimedia secara apik, setidaknya untuk dasar-dasar keperluan dibidang masing-masing.

Yang coba untuk disajikan pada makalah ini adalah :
-          Pengertian Multimedia.
-          Definisi computer Multimedia.
-          Penggunaan Multimedia.
-          Sistem Multimedia
-          Data Stream.
-          Karier Multimedia.

SARAN
Penyusun sadar bahwa masih banyak kesalahan baik itu dalam hal penulisan atau info yang kurang lengkap, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran guna memperluas wawasan dan untuk kesempurnaan penulisan makalah ini.









DAFTAR PUSTAKA


[ Read More ]